02-fotopsmBerawal dari mimpi, membangun mimpi dan akhirnya mewujudkan mimpi  serta tidak ada hasil yang berkhianat pada usaha, doa dan proses. Mungkin kalimat tersebutlah yang pantas menggambarkan perjuangan Paduan Suara Mahasiswa “Satya Dharma Gita” Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, yang kembali mencatatkan torehan prestasi internasional dalam ajang 8th Isola Del Sole International Choir Competition & Festival, 28 September-2 Oktober 2016 di Grado-Italia.

Kompetisi paduan suara yang diikuti oleh 28 paduan suara dari 15 negara tersebut, PSM SDG FH Undip pada babak kompetisi berhasil meraih: medali emas sekaligus sebagai juara pertama pada kategori mixed choir (paduan suara campuran); medali emas sekaligus juara pertama pada kategori female choir (paduan suara perempuan) dan medali emas sekaligus juara kedua pada kategori foklore (lagu rakyat).  Hasil yang sangat baik pada babak kompetisi, mambawa PSM SDG FH Undip untuk tampil pada babak grand champion bersama dengan 5 paduan suara lainnya, yang berasal dari Jerman, Italia, Republik Ceko dan Austria.  Dan yang sungguh membanggakan adalah PSM SDG FH Undip lolos ke babak grand champion melalui mixed choir dan female choir dan menjadi satu-satunya peserta yang tampil dua kali dalam babak grand champion.

03-fotopsm

Pada event tersebut, PSM SDG FH Undip membawa skuad yang berjumlah 40 orang dan di bawah komando ketua delegasi Thomas Agung,  juga mendapatkan kehormatan untuk tampil pada acara 8th Isola Del Sole International Choir Competition & Festival, dengan membawakan lagu Lingsir Wengi (aransemen Amelio Pahlevi) dan Ugo-Ugo (aransemen Budi Susanto Yohanes). PSM SDG FH Undip juga berkesempatan tampil pada konser persahabatan yang diselenggarakan di Gereja Basilica S. Eufemia Grado dengan membawakan lagu-lagu yang bertemakan sacra.

Atas pencapaian tersebut, PSM SDG FH Undip selama di Italia, diundang berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Tahta Suci Vatikan dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma; serta didaulat untuk mengisi acara resepsi diplomatik dalam rangka peringatan “71 Tahun Indonesia Merdeka” di Hotel Sheraton Roma yang diselenggarakan oleh KBRI Roma.

Pencapaian prestasi internasional ini, merupakan pencapaian prestasi internasional yang ketujuh yang diraih oleh PSM SDG FH Undip. Sebelumnya PSM SDG FH Undip pernah mencatatkan prestasi yang luar biasa dalam kompetisi internasional di Penang-Malaysia, Pattya-Thailand, Guangzhou-China, Denpasar-Bali dan kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh ITB-Bandung.

Keberhasilan ini menjadi cambuk untuk anggota PSM SDG FH Undip untuk semakin giat berlatih dan berproses untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasi yang sudah dicapai. Prestasi di Italia ini adalah sebagian dari mimpi-mimpi kami, dan memacu kami untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang lainnya.

04-fotopsm

PSM SDG FH Undip mengucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk Rektor Universitas Diponegoro beserta jajarannya, Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro beserta jajarannya, Ibu Tity Wahjoe & Bapak Kadek Cahya Susila Wibawa selaku dosen pembina, Roni Sugiarto selaku conductor, para pelatih PSM SDG FH Undip, para komposer dan aranger, para orang tua dan keluarga penyanyi, alumni FH Undip dan alumni PSM SDG FH Undip, segenap sponspor, seperti: Fifastra, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, PT Nasmoco, Balemong Resort, Kopi Luwak, BSB City, PT Paton Buana Semesta, PT Sekawan Triasa dan donatur lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Selepas kegiatan PSM SDG FH Undip goes to Italia 2016, maka pada tahun 2017, PSM SDG FH Undip masih harus berjuang untuk mewujudkan kegiatan besar lainnya, seperti konser tahunan yang akan dikonsep dengan tour concert, mengikuti kompetisi serta hajatan besar tahun depan adalah penyelenggaraan Satya Dharma Gita national Choir Festival yang dirancang tanggal 20-27 Agustus 2017. Untuk itu, kami dengan segala kerendahan hati, memohon dukungan dari berbagai pihak untuk dapat mewujudkan impian-impian kami yang lainnya.

 

Salam Paduan Suara

Salam Hok Hek Hok ya